tag:blogger.com,1999:blog-61659221454475016602024-03-07T23:59:49.624-08:00bahasaarab-nahwu-sharafSelamat Membaca. Ilmu Nahwu & Sharaf tidak sesulit yang dibayangkan. Mudah, Menakjubkan, & Aplikatif. Insya Allah.andanawarihhttp://www.blogger.com/profile/06287418226850051846noreply@blogger.comBlogger2125tag:blogger.com,1999:blog-6165922145447501660.post-87096862405247177302010-06-02T07:35:00.000-07:002010-06-02T07:49:21.867-07:00Ringkasan Materi Ilmu Nahwu & Sharaf<b>I. ISIM – Dipelajari dalam Ilmu Nahwu</b><br />
<b>a. Berdasarkan Pengelompokan Jenis :</b><br />
<b>1) Muannats.</b><br />
a). Diahiri ta marbuthah ( ة ).<br />
b). Kata yang Berpasangan (langit – bumi; siang-malam; bulan matahari; mata; <br />
telinga; tangan; kaki; dll)<br />
c). Kata Benda Jamak.<br />
d). Kata yang diakhiri huruf alif maqshurah (alif bengkok).<br />
e). Adanya alif mamdudah yang diikuti hamzah.<br />
<b>2) Mudzakar</b> (Isim yang tidak memiliki ciri muannats)..<br />
<b>b. Berdasarkan Bilangan :</b><br />
1) Mufrad (Tunggal).<br />
2) Mutsanna/Tatsniyah (Dua).<br />
3) Jamak (Banyak-lebih dari dua) :<br />
a). Jamak Mudzakar Salim (Jamak beraturan menunjukkan laki-laki).<br />
b). Jamak Muannats Salim (Jamak beraturan menunjukkan perempuan).<br />
c). Jamak Taksir (Jamak tidak beraturan)..<br />
<b>c. Berdasarkan Cakupan Makna Umum - Khusus :</b><br />
<b>1) Nakirah</b> (Umum : isim yang belum ditentukan untuk menunjukkan kata benda yang mana).<br />
<b>2) Ma’rifat</b> (Khusus : isim yang memiliki makna tertentu) :<br />
a). Isim Dhamir (Kata Ganti).<br />
b). Isim Maushul (Kata Sambung).<br />
c). Isim Isyarah (Kata Tunjuk).<br />
d). Isim Alam (Nama orang).<br />
e). Dibubuhi alif-lam.<br />
f). Jika dalam keadaan Idhafat (Kata Majemuk).<br />
<b>d. Apakah Harakat Akhirnya Ber-Tanwin atau Tidak:</b><br />
<b>1) Munsharif </b> (bertanwin).<br />
<b>2) Ghoer Munsharif</b> (tidak bertanwin).<br />
<b>e. Berdasarkan Huruf Akhirnya :</b><br />
<b>1) Isim Ghair Shahih Akhir </b>:<br />
a). Maqshur (berakhiran alif bengkok-alif lazimah)<br />
b). Maqshur (berakhiran ya lazimah)<br />
c). Mamdudah (Berakhiran Alif Hamzah)<br />
<b>2) Isim Shahih Akhir </b>(tidak berakhiran alif lazimah, ya lazimah, & alif hamzah).<br />
<b>f. Berdasarkan Asal usulnya :</b><br />
1) Jamid (Berdiri sendiri/tidak diambil dari kata lain).<br />
2) Musytaq (Diambil dari kata lain berdasarkan Tashrif).<br />
<b>g. Berdasarkan Berubah atau tidaknya Harakat Akhir :</b><br />
1) Mabni (Tetap/Tidak Berubah) terdiri dari : <br />
o Isim Dhamir; Isim Maushul; Isim Isyarah; Isim Istifham/Kata Tanya; Zharaf Zzaman/Keterangan Waktu; Zharaf Makan/Keterangan Tempat.<br />
2) Mu’rab (Berubah sesuai Faktor Yang Mempengaruhinya). Kajiannya dinamakan I’rab.<br />
<b>h. I’RAB (Ciri-ciri & Fungsinya) :</b><br />
1) Rafa’<br />
2) Nashab.<br />
3) Khafad/Jar.<br />
4) Jazm.<br />
i. Isim berdasarkan I’rab :<br />
<b>1) Isim yang di-Rafa’-kan :</b><br />
a). Fa’il (Subjek).<br />
b). Na’ibul Fa’il (Pengganti Subjek).<br />
c). Mubtada (Subjek).<br />
d). Khabar (Predikat).<br />
e). Isim Kana<br />
f). Khabar Inna<br />
g). Tawabi’ (yang mengikuti) :<br />
o Na’at (Kata Sifat).<br />
o ‘Athaf (Kata Sambung).<br />
o Taukid.<br />
o Badal (pengganti).<br />
<b>2) Isim yang di-Nashab-kan :</b><br />
a). Maf’ul Bih (Objek).<br />
b). Maf’ul Muthlaq (Masdar).<br />
c). Zharaf Zaman (Keterangan Waktu & Zharaf Makan (Keterangan Tempat).<br />
d). Hal (Keterangan Keadaan).<br />
e). Tamyiz (Menjelaskan Keadaan yang Samar).<br />
f). Istitsna (Penecualian).<br />
g). Munada (Panggilan).<br />
h). Maf’ul min ajlih (Penjelas Penyebab terjadinya Fi’il).<br />
i). Maf’ul Ma’ah (Menjelaskan dzat yang menyertai perbuatan pelaku).<br />
j). Khabar Kana.<br />
k). Isim Inna<br />
<b>3) Isim yang di-Khafad/Jar-kan :</b><br />
a). Di-Jar-kann oleh huruf jar.<br />
b). Idhafat.<br />
c). Di-Jar-kan kerena mengikuti kata yang di-Jar-kann.<br />
<br />
<b>II. FI’IL – Dipelajari dalam Ilmu Sharaf</b><br />
<b>a. Berdasarkan Keterangan Waktu (Tenses) :</b><br />
<b>1) Fi’il Madhi</b> (Waktu Lampau - Past Tense).<br />
<b>2) Fi’il Mudhori’</b> (Waktu sedang/akan/kebiasaan – Present Tense).<br />
<b>3) Fi’il Amar </b>(Waktu akan datang – Kata Perintah).<br />
<b>b. Berdasarkan Huruf -hurufnya :</b><br />
<b>1) Shahih</b> (Fi’il yang huruf aslinya tidak berupa huruf ‘illat atau huruf penyakit yaitu alif, wau, & ya) .<br />
<b>2) Mu’tal </b> (Fi’il yang huruf aslinya berupa huruf ‘illat).<br />
<b>c. Berdasarkan Huruf Asal & Huruf Tambahan (Fi’il terdiri dari 3 huruf, makasimal 6 huruf):</b><br />
<b>1) Mujarrad</b> (Fi’il yang semua hurufnya adalah huruf asli) :<br />
a). Fi’il Tsulatsi Mujarrad (Fi’il yang terdiri dari 3 huruf asli).<br />
b). Fi’il Ruba’i Mujarrad (Fi’il yang terdiri dari 4 huruf asli).<br />
<b>2) Mazid </b>(Fi’il yang huruf aslinya sudah mendapatkan tambahan baik 1, 2, maupun 3 huruf).<br />
a). Fi’il Tsulatsi Mazid (Fi’il Tsulatsi yang mendapatkan tambahan 1, 2, 3 huruf).<br />
b). Fi’il Ruba’i Mujarrad (Fi’il Ruba’i yang mendapatkan tambahan 1 & 2 huruf).<br />
<b>d. Berdasarkan ada-tidaknya Objek Kalimat :</b><br />
<b>1) Lazim </b>(Fi’il yang tidak memiliki Objek).<br />
<b>2) Muta’adi</b> (Fi’il yang memiliki Objek) :<br />
a). Memerlukan 1 Objek.<br />
b). Memerlukan 2 Objek.<br />
<b>e. Berdasarkan Variasi Bentuknya :</b><br />
<b>1) Fi’il Jamid</b> (Fi’il yang hanya memiliki satu bentuk saja, mashi saja, mudhari’ saja, atau amar saja).<br />
<b>2) Mutasharif</b> (Fi’il yang memiliki beberapa bentuk).<br />
f. Berdasarkan Ada-tidaknya Subjek Kalimat :<br />
<b>1) Ma’lum</b> (Fi’il yang disebutkan Fa’il-nya, dalam bahasa Indonesia disebut kalimat aktif).<br />
<b>2) Majhul</b> (Fi’il yang Fa’il-nya dibuang, dalam bahasa Indonesia disebut kalimat pasif).<br />
<br />
<b>III. HURUF - Dipelajari dalam Ilmu Nahwu</b><br />
a. Huruf yang masuk pada Fi’il :<br />
1) Huruf Nashab (Huruf yang menashabkan fi’il mudhari’)<br />
2) Huruf Jazm (Huruf yang menjazmkan fi’il mudhari’).<br />
3) Huruf : Qad, sin, saufa, maa, laa.<br />
b. Huruf yang masuk pada Isim :<br />
1) Huruf Jar (Huruf yang menjarkan isim sesudahnya)<br />
2) Huruf : Inna & saudaranya.<br />
3) Huruf lain : Nida (Panggilan); istitsna (Pengecualian); wau ma’iyah; lam ibtida yang berarti sungguh..<br />
c. Huruf yang masuk pada Isim & Fi’il :<br />
1) Huruf ‚athaf (Huruf yang menjadi penghubung antara dua isimatau dua fi’il)<br />
2) Huruf Istifham (Tanya).<br />
3) Wau Hal.<br />
4) Lamul Qasam (Lam yang ditempatkan ada jawab Qasam).andanawarihhttp://www.blogger.com/profile/06287418226850051846noreply@blogger.com6tag:blogger.com,1999:blog-6165922145447501660.post-73964102036637573702010-05-29T19:29:00.000-07:002010-06-01T09:40:11.230-07:00Jaminan Kemudahan Mempelajari Al Qur'an<span style="font-weight:bold;">1. Kenyataan.</span><br />Allah Swt telah mentakdirkan, bahwa al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab, sebagaimana fakta yang kita lihat saat ini. Sesuai Firman Allah Swt dalam al-Qur'an surat Az Zukhruf ayat 3, & An-Nisaa ayat 82 :<br /> <br />إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ<br /><span style="font-style:italic;">Innaa ja’alnaahu Qur aanan ‘arabbiyyal la’allakum ta’qiluuna.</span><br /><br /><span style="font-style:italic;">Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa arab supaya kamu memahami(nya).</span><br /><br /><span style="font-weight:bold;">2. Jaminan Kemudahan</span><br />Allah Swt telah memberikan jaminan kemudahan untuk mempelajari Al Qurán, seperti terdapat di dalam QS Al Qomar ayat 17, 22, 32, & 40 sbb : <br /> <br />ولقد يسرنا القرءان للذكر فهل من مدكر<br /><span style="font-style:italic;">Wa laqod yassarnal qur aana lidz-dzikri fa hal mim muddakir</span><br /><br /><span style="font-style:italic;">Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?<br /></span><br />Analisanya sebagai berikut :<br />a). Huruf lam ( ل ) pada kata laqod ( لَقَدْ ) adalah untuk menunjukkan penegasan/penekanan (taukid). Bermakna sungguh.<br />b). Kata setelah Qod ( قَدْ ) adalah yassarna ( يسرنا - telah Kami mudahkan; Allah Swt yang berkata) yang berbentuk fi'il madhi (past tense); juga bermakna penegasan. Bermakna sungguh.<br />c). Kata yassarna - يسرنا berbentuk fi'il madhi, yang menunjukkan peristiwa yang telah terjadi.<br />d). Pada surat Al Qamar, kalimat tersebut diulang sebanyak 4 kali (dengan susunan kalimat sama persis 100%) yaitu pada ayat 17,22,32,& 40, yang juga dapat bermakna penegasan.<br /><br />Dari hal tersebut, jika diungkapkan dalam bentuk lain seakan-akan Allah Swt berkata :<br /><br />"Wahai orang-orang beriman, Sungguh…sungguh….sungguh…sungguh…. telah Kami mudahkan Al Qurán untuk pelajaran (dipelajari)".<br /><br />Apabila kita berbicara kepada seseorang dengan membuat penegasan seperti itu, tentu dalam rangka meyakinkan dan menunjukkan bahwa ucapan kita itu memang betul-betul seperti apa yang kita ucapkan. <br /><br />Jaminan inilah yang semoga membuat kita lebih optimis untuk mempelajarinya, termasuk didalamnya mempelajari tata bahasa Arab (Ilmu Nahwu & Sharaf).<br /><br /><span style="font-weight:bold;">3. Faktor-faktor yang diperlukan</span><br />Faktor terpenting untuk dapat mempelajarinya adalah :<br /><span style="font-weight:bold;">1. Kemauan atau motivasi kuat.</span><br /><span style="font-weight:bold;">2. Kesungguhan, keuletan, & kesabaran dalam mempelajarinya.</span><br /><br />Cukup dua aspek saja :<br />1. <span style="font-weight:bold;">Faham</span> terhadap kaidah-kaidah.<br />2. <span style="font-weight:bold;">Hafal</span> baik <span style="font-weight:bold;">kaidah maupun kosa kata</span> <span style="font-style:italic;">(mufrodat)</span>.<br /><br />Faham saja tidak cukup. Dengan hafalan, maka kefahaman akan terus terpelihara sepanjang masa. Insya Allah.<br /><br /><span style="font-weight:bold;">4. Ilmu-ilmu yang terkait.</span><br />Untuk dapat memahami Al Qur'an dengan baik setidaknya diperlukan ilmu-ilmu sebagai berikut :<br />a. Ilmu Nahwu & Sharaf.<br />b. Ilmu Balaghah.<br />c. Ilmu-ilmu lainnya (Ilmu Tafsir, Ushul Fiqh, Fiqh, Ilmu Hadits, dll).<br /><br />Upaya kita mempelajari Al Qur'an dimulai dengan mempelajari Ilmu Nahwu & Sharaf yang secara khusus mempelajari tata bahasa (kaidah) bahasa Arab.<br /><br />Kita mulai langkah kita dengan membaca : <br /><span style="font-style:italic;">Bismillaahirrahmaanirrahiim.</span><br />Aku niat mempelajari Al Qur'an dengan nama Allah Yang Maha Pengasih & Maha Penyayang<br /><br /><span style="font-style:italic;">"Ya Allah, berilah kami kemudahan & kefahaman yang baik & benar dalam mempelajari Al Qur'an".</span> Amien.<br /><br />Refferensi : Buku Ilmu Nahwu & Sharaf.andanawarihhttp://www.blogger.com/profile/06287418226850051846noreply@blogger.com0